Dosen Polbeng Mengabdi

Sistem Informasi Desa Sebagai Solusi Menuju Desa Digital

dibaca: 115 kali
Oleh: redaksi Pendidikan | Kamis, 12 November 2020 - 18:27:47 WIB

Sistem Informasi Desa Sebagai Solusi Menuju Desa Digital

PRAPAT TUNGGAL - Dosen Teknik Informatika Polbeng yang Diketuai M. Nasir, M.Kom dan sebagai anggota Supria, M.Kom serta diikuti oleh 2 orang mahasiswa melaksanakan Tri Dharama Perguruan Tinggi dalam bentuk Pengabdian Masyarakat dengan mengusung Program Sistem Informasi Desa Sebagai Solusi Menuju Desa Digital Di Desa Prapat Tunggal. Kegiatan ini dilaksanakan di Desa Prapat Tunggal Kecamatan Bengkalis sejak Oktober 2020 sampai dengan November 2020.

 

Dipandang perlu adanya sebuah aplikasi pelayanan administrasi Desa yang diterapkan sebagai solusi menuju Desa digitalsehingga mampu untuk mengoptimalkan kerja pembuatan surat administrasi di kantor Desa tersebut. Aplikasi ini diberi nama dengan Sistem Informasi Desa.

 

Disampikan M. Nasir, M.Kom “Saat ini pembuatan surat administrasi di Desa Prapat Tunggal masih bersifat konvensional di mana, perangkat Desa masih melakukan pembuatan surat administrasi dengan bantuan program pengolahan kata (MS. Office), sehingga pembuatan surat administrasi membutuhkan waktu yang lama dan perangkat Desa juga harus mengurus setiap antrian permintaan surat administrasi dari masyarakat” kata Nasir saat di konfirmasi bengkalisinfo.com.

 

“Kegiatan pengabdian ini menerapkan metode prototipe dalam pembangunan aplikasi, kemudian untuk memastikan aplikasi yang dibangun telah sesuai dengan kebutuhan pengguna, selanjutnya dilakukan pengujian usability. Pengujian akan dilakukan dengan melakukan observasi pengurus Desa dan beberapa perwakilan dari masyarakat dalam menggunakan aplikasi. Hasil uji coba Sistem Informasi Desa ini diharapkan bisa membantu dan memberi solusi yang dihadapi oleh pemerintah Desa Prapat Tunggal Kecamatan Bengkalis” sambung Nasir

 

Kegiatan ini disambut positif oleh Kepala Desa Prapat Tunggal yang pada waktu itu diwakili Muhammad Fadillah, S.Pd.i selaku Sekretaris Desa dan Muhammad Firdaus A.Md selaku Operator Desa. Untuk kedepannya diharapkan sistem ini dapat di implementasikan secara efisien di kantor Desa Prapat Tunggal.**

 

 

 

 

 

 

  Print Berita

0 Komentar

Tulis Komentar

Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Hargai pembaca lain dengan berbahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu. Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.

Komentar Facebook