Advetorial

KPU Bengkalis Gelar Rapat Pleno Rekapitulasi Suara Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Tahun 2020

dibaca: 361 kali
Oleh: Admin Politik | Minggu, 20 Desember 2020 - 20:05:22 WIB

KPU Bengkalis Gelar Rapat Pleno Rekapitulasi Suara Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Tahun 2020

Fadillah Al Mausuly, ME Ketua Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Bengkalis

BENGKALISINFO.COM - Komisi Pemilihan Umum Daerah Kabupaten Bengkalis mengelar rapat pleno terbuka dan rekapitulasi hasil perhitungan suara tingkat Kabupaten Bengkalis pada pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Bengkalis Tahun 2020.


Dengan mengikuti protokol kesehatan acara rapat pleno terbuka rekapitulasi perhitungan suara diselenggarakan di gedung daerah jl.ahmad yani bengkalis pada Rabu sekitar pukul.9.30 WIB.


Ketua KPUD Bengkalis Fadillah Almausuly, M.E dalam sambutannya mengungkapkan bahwa dipenghujung perjalanan proses rekapitulasi perhitungan suara pemilihan Bupati dan wakil Bupati bengkalis tahun 2020 dimasa pandemi masih bisa diselesaikan secara bersama - sama. Dan Alhamdulillah seluruh unsur dalam syarat rekapitulasi suara untuk menuju sidang pleno terbuka sudah terpenuhi.


Lebih lanjut, dalam sambutannya Fadillah juga menuturkan bahwa, dalam acara sidang pleno terbuka juga dihadiri teman - teman dari bawaslu kabupaten bengkalis dan juga dari saksi - saksi serta dihadiri teman - teman dari PPK 11 Kecamatan. Dan sampai saat ini Alhamdulillah semua proses pilkada dapat berjalan dengan baik karena adanya kerjasama yang baik seluruh masyarakat kabupaten bengkalis.


Dikatakan Fadillah bahwa sepanjang proses penyelenggara pilkada dimasa pandemi ini tidak ada menimbulkan klaster baru covid - 19 yang dikhawatirkan, ini semua karena adanya kerjasama yang baik antara penyelenggaraan pilkada dan pihak keamanan serta gugus tugas dalam menerapkan protokol kesehatan kepada masyarakat.


Selanjutnya, Ketua KPUD Bengkalis Fadillah Almausuly juga mengucapkan terimakasih kepada pemerintah daerah kabupaten bengkalis mulai dari awal sampai dipenghujung proses pilkada yang telah mensupport dan mendukung baik dari segi anggaran sampai menyediakan fasilitas sarana dan prasarana dalam proses penyelenggaraan yang pada akhirnya proses pilkada ini bisa berjalan dengan baik.


Selain itu, Fadillah mengucapkan terimakasih kepada kapolres bengkalis beserta seluruh jajaran yang dari awal proses melakukan pendampingan dan pengamanan baik ditingkat kabupaten sampai ditingkat desa sehingga pilkada tahun ini bisa berjalan dengan baik dan tidak ada menimbulkan konflik ditengah - tengah masyarakat.


Ucapan terimakasih juga diucapkan kepada kajari bengkalis yang dalam hal ini diwakili kasi intel kajari bengkalis yang dari awal telah melakukan pendampingan hukum sehingga proses penyelenggara pilkada bisa berjalan dengan baik.


Ucapan terimakasih juga diucapkan kepada Dandim 0303/Bengkalis yang dari awal telah mengamankan segala proses pilkada ini dengan bermacam dinamikan yang dihadapi namun semuanya tetap berjalan dengan baik.


Fadhillah juga mengungkapkan bahwa proses penyelenggara pilkada ini dimulai dari bulan maret dengan bermacam - macam tantangan yang dihadapi namun dengan adanya kerjasama semua pihak sehingga proses penyelenggara pilkada tahun ini bisa berjalan dengan baik dan dalam kondisi aman.


Setelah acara pembukaan rapat pleno terbuka selesai, sekitar pukul. 11.30 dilanjutkan dengan acara perhitungan perolehan suara bagi paslon bupati dan wakil bupati bengkalis oleh KPUD.


Seluruh PPK memaparkan hasil rekapitulasi perhitungan suara yang sudah diputuskan ditingkat kecamatan. PPK yang hadir terdiri dari PPK Bengkalis, PPK Bantan, PPK Bukit Batu, PPK Siak Kecil, PPK Bandar Laksamana, PPK Rupat, PPK Rupat Utara, PPK Bathin Solapan, PPK Talang Muandau, PPK Mandau dan PPK Pinggir.

Hasil Pleno Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Yang Dirilis KPU Bengkalis

 

Hasil perhitungan suara di 11 Kecamatan berdasarkan rekapitulasi dari PPK di 1.285 TPS sebagai berikut,

1. calon nomor urut 1. Kaderismanto - Sri Barat (KDI) memperoleh 50.570 suara atau (18,19 %).

2. calon nomor urut 2. Abi bahrum - Herman (Aman) memperoleh 64.276 suara atau (23,12%).

3. calon nomor urut 3. Kasmarni - Bagus Santoso (KBS) memperoleh 91.291 suara atau (32,84%).

4. calon nomor urut 4. Indra Gunawan - Samda (ESA) memperoleh 71.823 suara atau (25,84%).


Sidang yang dipimping komisioner KPUD bengkalis divisi teknis penyelenggaraan Elmiwati Safarina memutuskan bahwa pasangan dengan nomor urut 3. Kasmarni - Bagus Santoso memperoleh suara terbanyak pada pilkada tahun 2020 dengan jumlah 91.291 suara atau sekitar (32,84%).


Jumlah suara sah pada pilkada tahun 2020 ini mencapai 277.960. Kemudian jumlah suara tidak sah mencapai 5.196 suara. Jumlah daftar pemilih tetap (DPT) yang sudah diputuskan KPUD Bengkalis melalui sidang pleno sebelumnya mencapai 394.711 suara. Sedangkan jumlah hak pilih (suara sah + suara tidak sah) sekitar 283.156 suara.


Fadhillah Almausuly mengutarakan bahwa, partisipasi masyarakat pada pemilihan bupati dan wakil bupati Bengkalis tahun 2020 ini mencapai 71.74%. Artinya ada peningkatan dari tahun sebelumnya.


Dari hasil rapat pleno terbuka rekapitulasi perhitungan suara maka diputuskan pasangan no urut 3 Kasmarni - Bagus Santoso memperoleh suara terbanyak pada pilkada kabupaten Bengkalis tahun 2020.


Turut hadir dalam acara rapat pleno terbuka rekapitulasi hasil perhitungan suara tingkat kabupaten bengkalis, Pj. Bupati Bengkalis, H. Syahrial Abdi, Sekda Bengkalis, H. Bustami, HY, Kapolres Bengkalis, AKBP. Hendra Gunawan, SIK.MT, Kajari Bengkalis diwakili Kasi Intel Nico Fernando, SH.**(Adv)

 

Penulis : SUPIAN

 

  Print Berita

0 Komentar

Tulis Komentar

Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Hargai pembaca lain dengan berbahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu. Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.

Komentar Facebook