Dalam Kunkernya Ke Desa Muntai, Jokowi Ucapkan Terimakasih Kepada Masyarakat Bengkalis

dibaca: 3206 kali
Oleh: Editor Nasional | Selasa, 28 September 2021 - 15:29:30 WIB

Dalam Kunkernya Ke Desa Muntai, Jokowi Ucapkan Terimakasih Kepada Masyarakat Bengkalis

Foto : Presiden RI Ir H. Joko Widodo didampingi Menteri LHK Siti Nurbaya dan Bupati Bengkalis Kasmarni saat berpidato didepan Forkompinda

BENGKALISINFO.COM, - Presiden Joko Widodo tiba di pantai Raja Kecik Desa Muntai Barat langsung melakukan penaman mangrove di bibir pantai, Selasa (28/9) pagi. Penanaman mangrove dilakukan presiden di dampingi sejumlah pejabat yang ikut rombongan kunjungan.

 

Diantaranya terlihat Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya Bakar, Bupati Bengkalis Kasmarni dan sejumlah pejabat lainnya. Selain itu penanaman mangrove juga melibatkan sejumlah masyarakat setempat.

 

Menariknya saat turun ke lokasi penanaman presiden terlihat membuka sepatunya. Ketika pejabat lainnya turun ke bibir pantai yang bertanah gambut dengan menggunakan sepatu boat.

 

Presiden Joko Widodo malah memilih menginjakkan tanah gambut pulau Bengkalis ini tanpa alas kaki saat melakukan penanaman. Presiden juga sempat menyampaikan pidatonya terkait kunjungan kerja yang dilakukannya.

 

Pihaknya sangat berterima kasih kepada masyarakat Bengkalis yang ikut berpartisipasi dalam penanaman mangrove bersamanya."Saya berterima kasih kepada masyarakat yang berpartisipasi dalam penanaman mangrove pagi ini," ungkap Joko Widodo.

 

Menurut dia, kunjungan kali ini dilakukan dirinya bersama Menteri LHK dan Badan Restorasi Gambut khusus melakukan penanaman mangrove bersama sama. Dengan harapan kawasan yang ditanam hari ini kedepan bisa diperbaiki dan direhabilitasi.

 

"Dalam rangka mengendalikan abrasi dan mendukung ekowisata yang ada didaerah. Dengan harapan bisa mendukung ekonomi masyarakat sekitar," terangnya.

 

Presiden mengatakan, rehabilitasi mangrove dilaksanakan tidak hanya di kabupaten Bengkalis. Tetapi seluruh tanah air akan dilakukan di lokasi lokasi yang diperlukan.

 

"Hutan mangrove ini menyimpan karbon sebanyak 4 sampai 5 kali lipat lebih banyak dari hutan tropis daratan. Sehingga akan berkontribusi besar dalam penyerapan emisi karbon," terangnya.

 

Dengan upaya ini sebagai bentuk meneguhkan komitmen Indonesia terhadap paris agreement, perubahan iklim dunia. Pada tahun 2021 ini pemerintah akan melakukan rehabilitasi mangrove keseluruh tanah air.

 

"Lahan yang kita rehabilitasi sebanyak tiga puluh empat ribu hektare lahan diseluruh tanah air," ungkapnya.

 

Selain melakukan penanaman mangrove, presiden juga menyempatkan diri melihat objek wisata jembatan pantai Raja Kecik. Didampingi Bupati dan Menteri LHK presiden berjalan diatas jembatan tersebut.(Rls)**

 

Penyunting : SUPIAN

  Print Berita

1 Komentar

  1. afriwan
    afriwan 28 September 2021 - 19:17:30 WIB

    Salut

Tulis Komentar

Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Hargai pembaca lain dengan berbahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu. Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.

Komentar Facebook