145 KK Belum Dialiri Listrik

PLN Respon Positif Usulan Masyarakat 3 Dusun di Desa Bandar Jaya

dibaca: 1294 kali
Oleh: Admin Kiriman Warga | Selasa, 25 Agustus 2020 - 17:10:39 WIB

PLN Respon Positif Usulan Masyarakat 3 Dusun di Desa Bandar Jaya

BENGKALIS – PT PLN Rayon Bengkalis merespon positif adanya usulan masyarakat 3 dusun di Desa Bandar Jaya Kecamatan Siak Kecil yang berharap bisa dialiri listrik. Usulan itu disampaikan masyarakat saat Bacalon Wakil Bupati Bengkalis Bagus Santoso bersilaturrahmi ke desa Sadar Jaya kecamatan Siak Kecil, Minggu (23/8/2020) lalu.

“Kita sudah dapat arahan dari UP3 (Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan) Dumai untuk menindaklanjuti keinginan warga tersebut,” ujar Manager ULP PT PLN Rayon Bengkalis Danang Nur Hadianto kepada wartawan, Selasa (25/8/2020).


Sesuai arahan dari UP3, sambung Danang, pihaknya meminta kepada adanya surat dukungan, bisa dari Kepala Desa maupun Kecamatan setempat untuk kemudahan seandainya nanti program penyambungan baru ke desa tersebut terealisasi. “Tujuannya nanti kalau dari PLN sudah OK, tidak ada masalah lagi dalam hal lokalisir material dan penanaman tiang dan segala macamnya,” ujar Danang.


Dikatakan untuk surat dukungan tersebut, Kepala Desa cukup berurusan ke PLN Rayong Bengkalis. Nanti dirinya yang akan langsung berhubungan ke UP3 maupun UP2K (Unit Pelaksana Proyek Kelistrikan) di Pekanbaru. “Namun dari Kepala Desa kalau mau buat tembusan ya silahkan,” katanya lagi.


Terkait dengan pernyataan dari PLN tersebut, Kades Bandar Jaya Suyanto saat dihubungi menyampaikan ucapan terima kasih dan berharap keinginan ratusan KK warganya bisa secepatnya terealisasi. “Untuk surat dukungan akan segera kita buat dan kita ajukan ke PLN Bengkalis,” katanya.


Sebelumnya diberitakan, ditemukan sekitar 145 KK warga Desa Bandar Jaya Kecamatan Siak Kecil Kabupaten Bengkalis belum mendapat aliran listrik dari PLN. Adapun 145 KK tersebut berdomisili di 3 dusun yaitu Kampung Batak Dusun Bandar Sari, Dusun Air Masuk dan Dusun Lahan 2. Lokasi desa Bandar Jaya yang merupakan desa eks transmigrasi tahun 1980 pada masa Presiden Suharto terletak di Kecamatan Siak Kecil Kabupaten Bengkalis.
Diketahui jaringan induk aliran listrik sudah masuk lewat jalan poros desa dan sebagian warga sudah teraliri listrik. Sedangkan warga 3 dusun menurut keterangan sudah 8 tahun mengajukan proposal pengajuan ke PLN namun hingga saat ini belum ada perkembangan kapan PLN memastikan pelayanan pemasangan listrik masuk ke rumah warga.


"Kami sudah mengajukan ke PLN Cabang Dumai, katanya dalam proses tapi lama kali sudah hampir 8 tahun kami menunggunya," ujar Ketua RT Rusdi Galingging kepada Bacalon Wakil Bupati Bengkalis Bagus Santoso saat berkunjung silaturahmi ke desa Sadar Jaya kecamatan Siak Kecil ( 23/8).


Hal senada disampaikan Suyanto Kades Bandar Jaya. Upaya yang dilakukan agar warganya mendapatkan pelayanan aliran listrik PLN sudah berkali kali dilakukan. Namun belum terealisasi.


Berkaitan dengan PLN Bagus Santoso memahami apa yang dirasakan warga. Persoalan listrik adalah sangat serius karena sudah menjadi kebutuhan dan salah satu faktor untuk memajukan desa. Secara kewenangan pelayanan listrik ditangan PLN. Kendati demikian peran pemerintah daerah juga harus pro aktif menyampaikan kondisi layanan listrik kepada PLN. "Kita ikhtiarkan bersama supaya kampung kita mendapatkan pelayanan aliran listrik, ini kewajiban negara untuk memberikan kenyamananan dan kemajuan rakyatnya," kata Bagus.

  Print Berita

0 Komentar

Tulis Komentar

Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Hargai pembaca lain dengan berbahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu. Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.

Komentar Facebook