Tingkatkan SDM Masyarakat, FPPL Kabupaten Bengkalis Taja Bimtek Pertanian Dan Ekraf

dibaca: 1039 kali
Oleh: Editor Ekonomi | Minggu, 14 November 2021 - 13:53:00 WIB

Tingkatkan SDM Masyarakat, FPPL Kabupaten Bengkalis Taja Bimtek Pertanian Dan Ekraf

Foto : Narasumber, peserta bimtek, pihak perusahaan dan koperasi tani tuah sekato

BENGKALISINFO.COM, - PT. Sekato pratama dan koperasi tani hutan tuah sekato yang diwakili Indro Basuki secara resmi menutup acara pelaksanaan bimbingan teknis peningkatan kapasitas masyarakat desa di bidang pertanian dan ekonomi kreatif. Sabtu (13/11/2021), di furraya hotel Pekanbaru.

 

Kegiatan bimbingan teknis tersebut di laksanakan oleh forum pemuda pemerhati lingkungan (FPPL) Kabupaten Bengkalis bekerjasama dengan koperasi tani hutan tuah sekato. Yang menjadi peserta dari kegiatan ini yaitu masyarakat desa binaan PT. Sekato Pratama Makmur.

 

Seperti diketahui bahwa, Desa yang menjadi binaat PT. Sekato Pratama Makmur terdiri dari Desa Bukit Batu, Desa Sukajadi, Desa Temiang, Desa Api Api dan Desa Buruk Bakul.

 

Dalam sambutannya, Indro Basuki mengatakan bahwa, pelaksanaan bimbingan teknis kali ini sangat bagus karena bertujuan untuk meningkatkan kemampuan manajerial dan sekaligus wawasan masyarakat desa khususnya dibidang pertanian dan ekonomi kreatif.

 

"Seluruh jajaran PT. Sekato Pratama Makmur dan koperasi tani tuah sekato mengapresiasi setinggi - tinggi nya kepada pemuda yang tergabung FPPL yang sudah melaksanakan bimtek ini," kata Indro Basuki kepada wartawan Bengkalisinfo.com

 

Selain itu, sambung Indro Basuki lagi bahwa, bimbingan teknis ini juga dapat memberikan edukasi kepada masyarakat tentang penggelolaan dan manajemen lahan pertanian dengan baik dan ekonomi kreatif serta tetap menjaga lingkungan sekitar.

 

"Saya mewakili pimpinan PT. SPM dan koperasi SPM mengucapkan terimakasih kepada pihak penyelenggara, semoga kedepan kegiatan bimtek ini terus berlanjut sebagai bentuk sinergitas antara perusahaan, koperasi, Pemerintah Desa dan masyarakat Desa," ucap Indro Basuki

 

Sebagai penutup dalam sambutannya, Indro Basuki menjelaskan peningkatan kapasitas bagi masyarakat desa merupakan hal yang sangat urgen, pasalnya hal ini guna membangun SDM yang lebih baik kedepannya. Apalagi bimtek ini narasumber nya sangat luar biasa diisi oleh pemateri yang ahli dibidangnya seperti, Ir. Muhammad Irfan salah seorang dosen UIN Susqa Riau, Budi Ramana, SP pendamping pertanian Kabupaten Bengkalis, Ismail Marzuki, M.Soc Sc Bengkalis Creative Network dan Ade Indra Suhara, M.Si dosen Kebijakan Publik STAIN Bengkalis.

 

"Melalui kegiatan ini tentu saja telah disiapkan sedemikian rupa sehingga nantinya menjadi tolak ukur keberhasilan koperasi dan perusahaan dalam membangun SDM di desa. Oleh karena itu, program bimtek ini diperlukan secara terus menerus minimal satu tahun sekali, baik dilaksanakan di Pekanbaru atau langsung di desa tempat kami tinggal," harapnya

 

Sementara itu, Kepala Desa Bukit Batu Mahendra menambahkan bahwa, setelah mengikuti bimtek peningkatan kapasitas masyarakat desa dibilang pertanian dan ekraf harus ada tindak lanjut dari koperasi dan perusahaan kedepannya lebih baik.

 

"Sehingga diharapkan kedepannya dapat merencanakan dan melaksanakan apa yang sudah disampaikan narasumber pada bimtek ini, tentu kami dari Pemerintah desa siap mendukung dan terus mendorong agar program ini kedepan lebih baik lagi," ujar Hendra

 

Selaku panitia dan sekaligus sebagai pengurus FPPL Juwandi, MH, mengucapkan terima kasih kepada seluruh kepala desa dan pihak koperasi dan perusahaan yang hadir dalam acara bimtek ini, tentunya seluruh peserta sangat antusias mengikuti dari hari pertama sampai dengan hari penutup. Banyak pertanyaan yang muncul ketika diskusi dengan narasumber apalagi materi tentang pertanian. Ini membuktikan bahwa peserta sangat serius dan berharap kegiatan bimtek ini terus berlanjut.**

 

Penulis : SUPIAN

  Print Berita

0 Komentar

Tulis Komentar

Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Hargai pembaca lain dengan berbahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu. Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.

Komentar Facebook