Tingkatkan Pemahaman Ekonomi, STIE Syariah Bengkalis Taja Seminar Outlook Keuangan Syariah

dibaca: 941 kali
Oleh: Editor Ekonomi | Senin, 16 Januari 2023 - 21:40:15 WIB

Tingkatkan Pemahaman Ekonomi, STIE Syariah Bengkalis Taja Seminar Outlook Keuangan Syariah

Foto : Ketua STIE Syariah Bengkalis Khodijah Ishak didampingi peserta seminar outlook seluruh jajaran civitas akademika SITE Syariah

BENGKALIS - Untuk meningkatkan pemahaman terkait ekonomi berbasis syariah, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Syariah Bengkalis kembali menggelar kegiatan forum ekonomi syariah dengan mengangkat tema "Outlook Ekonomi dan Keuangan Syariah". Senin 16 Januari 2023, bertempat di aula STIE Syariah Bengkalis.

 

Acara tersebut langsung dibuka oleh ketua STIE Syariah Bengkalis Khodijah Ishak. Ketika dalam sambutan Khodijah menyampaikan bahwa, perkembangan ekonomi syariah telah cukup memberikan warna tersendiri bagi perekonomian Indonesia terutama perkembangan perekonomian Kabupaten Bengkalis saat ini.

 

Dikatakan Khodijah, banyak perbankan dan lembaga keuangan serta pelaku bisnis lainnya yang menunjukkan keinginan untuk menciptakan sesuatu yang baru dalam bidang ekonomi serta minat masyarakat Indonesia bergerak pada perkembangan bisnis syariah.

 

"Oleh karena itu kegiatan ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mendorong dan memberikan pandangan kepada mahasiswa agar mampu menciptakan suatu usaha yang halal sesuai dengan prinsip syariah," ungkap Khodijah kepada wartawan

 

Dalam kesempatan itu juga, Khodijah mengatakan bahwa, Indonesia menempati urutan ke 4 dunia yaitu terbesar dalam perkembangan ekonomi syariah global. Beberapa faktor yang menyumbang peningkatan daya saing ekonomi syariah Indonesia ditingkat global diantaranya, kenaikan ekspor makanan halal, terutama ke negara organisasi kerjasama Islam yang mencapai 16 persen dan peningkatan kerangka tata kelola serta regulasi industri makanan halal dan merger bank syariah Indonesia dan perkembangan teknologi finansial syariah.

 

Selain itu, Khodijah juga menambahkan tren potensi pengembangan ekonomi syariah di Indonesia juga semakin membaik dapat dilihat dari populasi masyarakat muslim, peningkatan kesejahteraan masyarakat muslim secara global, peningkatan afinitas agama, konektivitas digital terhadap keuangan syariah yang semakin membaik, dan juga perubahan tren konsumen yang bersedia membayar lebih untuk produk yang memberikan nilai tambah.**


Editor : SUPIAN

  Print Berita

0 Komentar

Tulis Komentar

Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Hargai pembaca lain dengan berbahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu. Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.

Komentar Facebook