Cegah Meluasnya Covid-19, Seluruh ASN dan Tenaga Honorer Dinas PUPR Bengkalis Lakukan Sweb Masal

dibaca: 127 kali
Oleh: redaksi Pemerintahan Daerah | Jumat, 18 September 2020 - 12:39:21 WIB

Cegah Meluasnya Covid-19, Seluruh ASN dan Tenaga Honorer Dinas PUPR Bengkalis Lakukan Sweb Masal

Teks Foto : Terlihat petugas kesehatan dengan berpakaian APD lengkap sedang mengambil sample belakang hidung dan tenggorokan

 

BENGKALIS -  Sebagai pelayan masyarakat guna memastikan bebas dari wabah virus corona disease (Covid-19). Pemerintah Daerah melalui dinas Kesehatan Kabupaten Bengkalis Senin, (14/09) melaksanakan tes swab seluruh pegawai dan non pegawai dinas  Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dijalan Pertanian Kota Bengkalis, Provinsi Riau. 

 

Pantauan dilapangan terlihat petugas kesehatan dengan menggunakan pakaian alat pelindung diri (APD) lengkap berada di kantor dinas PUPR Bengkalis. Pegawai dan non pegawai PUPR seli berganti mengikuti rangkain tes swab atau uji nasofaring dengan mengumpulkan cairan dimulai sejak pukul 08.00 Wib. 

 

Kondisi Dinas PUPR Saat dilakukan Swab Masal Oleh Tenaga Medis

 

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bengkalis dr Ersan Saputra mengatakan petugas kesehatan RSUD Bengkalis saat ini masih melakukan tes swab massal pegawai dan non pegawai pada dinas PUPR kabupaten Bengkalis diperkirakan akan selesai siang nanti. 

 

"Iya, hari ini petugas kesehatan melaksanakan tes swab massal bagi pegawai dan non pegawai PUPR Bengkalis diperkirakan selesai siang nanti," ungkap dr Ersan Saputra Senin, (14/09). 

 

Kegiatan tes swab ini. Ersan mengatakan, merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan pemerintah daerah guna memutuskan mata rantai penyebaran wabah virus corona ini. 

 

Petugas Medis Mengambil Sample Dari Belakang Hidung dan Tenggorokan Pada Seluruh Pegawai PUPR


"Tes swab massal PUPR ini kegiatan rutin,  yang terlebih dulu dilakukan pada OPD dinas kesehatan, RSUD, Sekretariat, Kejaksaan dan Bappenda. Apalagi PUPR Bengkalis juga salah satu OPD yang langsung berhadapan dengan masyarakat, lebih bagus mencegah daripada mengobati," ujar dr Ersan. 

 

Ia menjelaskan, bahwa tes swab yang umum dilakukan adalah uji usap nasofaring dengan mengumpulkan cairan atau sampel dari bagian belakang hidung dan tenggorokan atau dahak untuk diperiksa kumannya di laboratorium. Tak hanya untuk virus corona, uji swab juga biasa digukanan untuk diagnosis infeksi virus lainnya.

 

"Doakan saja hasilnya negatif semua. Untuk masyarakat juga agar tetap selalu menjaga kesehatan dengan patuhi protokol kesehatan, tetap menggunakan masker apabila melaksanakan aktivitas dan selalu mencuci tangan," imbuh dr Ersan. 

 

Ia juga mengakui bahwa untuk diwilayah kabupaten Bengkalis banyak orang tanpa gejala (OTG) covid-19 yang saat ini pihaknya sudah mengambil langkah cepat untuk memutuskan penyebaran wabah tersebut. 

 

Seluruh Pegawai Dan Honores Dinas PUPR Ikut Sweb Masal


"Ada berjumlah 38 orang tanpa gelaja (OTG) covid-19. Saat ini sudah kita lakukan isolasi mandiri di Diklat Bengkalis," terang dr Ersan. 

 

Pelaksana Tugas (Plt) Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Kabupaten Bengkalis Ardiansyah membenarkan pihaknya melaksanakan tes swab secara massal pada Senin hari ini. 

 

"Benar, saat ini sedang berlangsung tes swab yang dilaksanakan oleh teman teman dari petugas pihak RSUD Bengkalis. Tes swab massal bagi pegawai dan non pegawai PUPR Bengkalis ini dilaksanakan sekira pukul 08.00 Wib," ungkap Ardiansyah. 

 

Ardiansyah juga berpesan untuk seluruh pegawai dan non pegawai wajib hadir guna memastikan sehat semua atau terhindar dari wabah covid-19 ini. 

 

"Jangan takut untuk dites swab, karena apabila terkonfirmasi covid-19 itu lebih baik, daripada tidak mengetahui dan berakibat fatal. Kalau sekiranya ada yang terkonfirmasi covid-19 tentu segera diatasi oleh pihak petugas kesehatan. Ini langkah awal memutuskan mata rantai penyebaran wabah covid 19 ini," ujarnya. 

 

Ia juga mengatakan bahwa tes swab massal dinas PUPR Bengkalis itu sewaktu bentuk kepedulian pihaknya terhadap kesehatan seluruh pegawai dinas PUPR Bengkalis.

 

Menurutnya, dinas PUPR Bengkalis adalah salah satu OPD yang berhubungan langsung dengan masyarakat atau sebagai pelayan masyarakat kabupaten Bengkalis untuk pembangunan negeri junjungan ini. 

 

"Doakan, semoga proses tes swab berjalan lancar dan seluruh pegawai dan non pegawai PUPR Bengkalis hasilnya negatif," katanya. 

 

Berdasarkan informasi jumlah ASN PUPR tercatat ada berjumlah 68 orang. Saat ini tes swab dinas PUPR Bengkalis masih berlangsung.

 

Penulis : Supian

 

  Print Berita

0 Komentar

Tulis Komentar

Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Hargai pembaca lain dengan berbahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu. Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.

Komentar Facebook