Dinas Perkebunan Bengkalis Gelar Rakor dan Penginputan Data Statistik Perkebunan

dibaca: 513 kali
Oleh: Editor Pemerintahan Daerah | Senin, 12 Desember 2022 - 09:58:40 WIB

Dinas Perkebunan Bengkalis Gelar Rakor dan Penginputan Data Statistik Perkebunan

Foto : Kadis Perkebunan Bengkalis Muhammad Azmir pada saat penyampaian sambutan pada acara Rakor dan penginputan data statistik perkebunan

BENGKALIS - Dinas Perkebunan Kabupaten Bengkalis menggelar rapat koordinasi bersama seluruh jajaran dan penginputan data statistik perkebunan. Kegiatan tersebut berlangsung di hotel Surya Bengkalis. Senin (05/12/2022).

 

Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Perkebunan Kabupaten Bengkalis Muhammad Azmir. Dikatakannya bahwa, kegiatan ini sangat penting karena kita ingin mendapatkan data statistik perkebunan yang valid sehingga dalam melakukan kebijakan tidak salah.

 

Seperti diketahui masyarakat yang langsung berbudidaya dengan tanaman perkebunan sekitar 80 ribu KK. Itu kalau dibandingkan dengan masyarakat Bengkalis secara keseluruhan 4 jiwa per KK kurang lebih 51 persen, itu masyarakat yang berbudidaya blm lagi masyarakat yang bergerak diperdaganggan sektor perkebunan ataupun industri saat ini mencapai 70 persen.

 

Azmir juga menjelaskan bahwa, data statistik ini menjadi yang sangat penting karena kalau kita salah dalam menginput data dalam menyajikan data perkebunan ini maka proses pengambilan kebijakan juga akan salah. Dampaknya sangat besar, karen ini akan berdampak kepada masyarakat, karena kita kesalahan dalam mengambil kebijakan.

 

Selain itu kata Azmir, dampak dari kebijakan salah misalnya, suatu daerah ada 10 hektar sawit kalau hanya menghasilkan 10 ton perbulan ini sangat jauh senjangnya dengan jumlah produksi. Seharusnya para petani menghasilkan 35 ton perbulan.

 

Kemudian Azmir menambahkan kesenjangan tersebut bisa dilihat dari data, jika data yang disajikan salah, bagaimana kita melakukan kebijakan. Disamping itu, ada beberapa hal yang harus diperhatikan terkait perkebunan antara lain, teknik budidaya, pemupukan dan pembelian bibit.

 

Selanjutnya kata Azmir untuk melakukan pendataan, Dinas Perkebunan mengalami kewalahan, karena tenaga penyuluh untuk dilapangan masih minim,dengan jumlah perkebunan yang begitu luas. Dari data statistik yang dihimpun bahwa, jumlah area perkebunan sawit sekitar 200 ribu hektar dengan jumlah tenaga yang kurang dari 50 orang. Tapi dalam hal ini kita dibantu kawan - kawan dari holtikultura penyuluh lapangan dan kita bekerjasama dalam rangka pembinaan dan menginput data - data perkebunan dalam mengurangi kekurangan tenaga.

 

Azmir berharap tenaga Dinas Perkebunan ditambah, penyuluh perkebunan juga disiapkan untuk pembangunan yang lebih maksimal dan berkelanjutan. Kita tau bahwa, sektor perkebunan ini kalau untuk Kabupaten Bengkalis adalah sektor yang sangat penting dalam mencapai visi dan misi Bupati Bengkalis bermarwah maju dan sejahtera (Bermasa), paling tidak harus ada 70 persen masyarakat Bengkalis yang terhubung dengan sektor Perkebunan.**

 

Editor : SUPIAN

  Print Berita

0 Komentar

Tulis Komentar

Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Hargai pembaca lain dengan berbahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu. Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.

Komentar Facebook