STIE Syariah Bengkalis Taja Pelatihan Keuangan Desa Dan Audit Internal Organisasi

dibaca: 329 kali
Oleh: Editor Pendidikan | Sabtu, 16 Maret 2024 - 17:12:13 WIB

STIE Syariah Bengkalis Taja Pelatihan Keuangan Desa Dan Audit Internal Organisasi

Foto : Ketua STIE Syariah Bengkalis Khodijah Ishak bersama jajaran dari STIE Syariah Bengkalis dalam acara pelatihan di Kota Selatpanjang

SELATPANJANG, - STIE Syariah Bengkalis menggelar kegiatan sosialisasi dan pelatihan dengan mengangkat tema" Penataan Keuangan Desa dan Audit internal pada organisasi Sektor Publik, bertempat di gedung kuning Kantor Bupati Kepulauan Meranti, Selasa 05 Maret 2024.

 

kegiatan di buka oleh Ketua STIE Syariah Dr Khodijah Ishak dan kegiatan ini menghadirkan narasumber Muhammad Elsa Tomisa dari STIE Syariah Bengkalis dan Ricado Nallas Auditor Ahli Muda inspektorat Daerah Kabupaten kepulauan Meranti.

 

Kegiatan ini merupakan salah satu program pengabdian dosen STIE Syariah Bengkalis yang menghadirkan Tim pengabdian yakni Khodijah Ishak, Een Erlina dan M Elsa Tomisa, dengan menghadirkan peserta dari seluruh pengurus Bumdes, Bendahara desa, Kelurahan, bendahara Camat dan Organisasi Perangkat Daerah Kabupaten Meranti.

 

Nara sumber pertama M.Elsa Tomisa menjelaskan tentang Kuangan Desa, beliau mengatakan bahwa pengelolaan keuangan desa merupakan bagian penting dalam proses perencanaan, penganggaran, dan pelaksanaan pembangunan desa. Pemerintah desa di tuntut untuk memahami dan terampil melaksanakan pengelolaan keuangan dari mulai tahap perencanaan, pelaksanaan, penatausahaan dan pelaporan serta pertanggungjawaban. Beliau juga menjelaskan bahwa potensi desa perlu gali dan dilakukan studi kelayakan bisnis agar BUMdes bisa berjalan dengan lancar dan tepat sasaran.

 

Narasumber kedua oleh Ricardo Nallas, beliau menjelaskan bahwa auditor internal berfungsi sebagai penilai kualitas yang membantu pemerintah dalam penyelenggaraan manajemen pemerintahan untuk menjamin tercapainya efisiensi dan efektivitas, serta memenuhi syarat kehematan.**


Editor : SUPIAN

  Print Berita

0 Komentar

Tulis Komentar

Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Hargai pembaca lain dengan berbahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu. Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.

Komentar Facebook