Agar Mampu Tumbuh dan Berkembang, BUMDES Harus Bangun Sinergisitas Internal

dibaca: 993 kali
Oleh: redaksi Umum | Kamis, 30 April 2020 - 18:00:20 WIB

Agar Mampu Tumbuh dan Berkembang, BUMDES Harus Bangun Sinergisitas Internal

BENGKALIS - Badan Usaha Milik Desa (BUMDESA) akan dapat berjalan dan berkembang jika terbangun sinergisitas antara jajaran di BUMDESA, Kepala Desa dan Badan Permusyawaratan Desa (BPD).

 

Hal tersebut di kemukakan kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Bengkalis Yuhelmi kepada RRI usai melakukan evaluasi dan monitoring kegiatan BUMDESA Kuala Alam, pada Rabu (29/04/2020).

 

Menurut Yuhelmi keberlangsungan aktivitas BUMDESA akan terjaga dengan melakukan berbagai jenis usaha serta melakukan kerja sama dengan berbagai pihak.

 

"Masyarakat kita di Kuala Alam ini punya motivasi dan dorongan, ini semua tentu berkat dorongan Kepala Desa dan BPD melihat kondisi ini bisa dibuat apakah untuk perkebunan maupun sektor jasa dan lain sebagainya. Kita juga melihat di Badan Usaha Milik Desa, mereka kerja sama dengan Bulog berjalan dengan baik, begitu juga dengan ketahanan pangan"kata Yuhelmi.

 

Direktur BUMDESA Kuala Alam, Zulkifli membenarkan pihaknya telah melakukan kerja sama dengan Bulog sebagai penyalur, disamping meningkatkan aktivitas di sektor Jasa, Perdagangan dan Perkebunan. 

 

"Diahir tahun nenas kita sudah produksi, jadi mereka akan mengambil nanas di unit perkebunan ini untuk dijadikan olahan mereka, oleh sebab itu unit pengolahan itu sekarang seperti dodol, selai, juga kerupuk, sirup dan lainnya, mereka kita siapkan untuk melakukan pengolahan khusus hasil dari perkebunan nenas ini" jelas Zulkifli.

 

Ditambahkan Direktur BUMDESA pihak nya juga telah menjalin kerja sama dengan Dinas Koperasi dan instansi terkait lainnya untuk mendapatkan sertifikasi halal untuk berbagai produksi olahan.

 

Sementara itu Kepala Desa Kuala Alam Kecamatan Bengkalis,  Sudihartono kepada RRI menjelaskan tujuan pembentukan BUMDESA merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan kesejahteraan warganya.

 

"Untuk memajukan ekonomi desa dan membuka lapangan kerja bagi masyarakat desa, yaitu pertama Unit Perkebunan alhamdulillah telah berjalan sekitar 50 persen sehingga dapat dilihat pada saat ini sudah mulai menanam nenas sekitar 60.000 batang, kami juga membuat Unit Perdagangan yang telah berjalan dengan lancar bekerja sama dengan Bulog"kata Sudihartono

 

Dari hasil pantauan media di Desa Kuala Alam, aktivitas BUMDESA telah dapat meningkatkan perekonomian desa, termasuk menambah Pendapatan Asli Desa serta membuka  lapangan kerja bagi warganya.**(rls)

  Print Berita

0 Komentar

Tulis Komentar

Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Hargai pembaca lain dengan berbahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu. Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.

Komentar Facebook