STIE Syariah Taja Seminar Nasional Angkat Tema Filantropi Dalam Meningkatkan Ekonomi Islam

dibaca: 230 kali
Oleh: Editor Pendidikan | Kamis, 28 Oktober 2021 - 20:18:14 WIB

STIE Syariah Taja Seminar Nasional Angkat Tema Filantropi Dalam Meningkatkan Ekonomi Islam

Foto : Narasumber dari Mahasiswa STIE Syariah Bengkalis dan STIE Ar - Rahman Kota Batam

BENGKALISINFO.COM, - Dalam rangka untuk mengembangkan pertumbuhan ekonomi islam di wilayah Kabupaten Bengkalis, STIE Syariah bersama STIE Ar - Rahman Batam menggelar seminar nasional dengan mengangkat tema peran filantropi meningkatkan ekonomi Islam. Rabu (27/10/2021).

 

Kegiatan seminar tersebut dilaksanakan secara virtual dengan menghadirkan 5 orang pemateri antara lain, 3 orang pemateri dari STIE Syariah Bengkalis dan 2 orang pemateri lainnya berasal dari kampus STIE Ar - Rahman Kota Batam.

 

Tujuan dilaksanakannya acara seminar nasional kali ini adalah untuk meningkatkan literasi bagi mahasiswa dalam mengembangkan ekonomi islam dimulai dari perguruan tinggi.

 

Ketua STIE Syariah Bengkalis Dr. Khodijah Ishak dalam sambutannya mengatakan bahwa kegiatan seminar filantropi ini merupakan ibadah maaliyyah ijtimaiyyah yaitu ibadah dibidang harta yang memiliki nilai sosial yang sangat menentukan.

 

"Filantropi (sikap seseorang yang memiliki nilai kemanusiaan) dalam islam seyogyanya dijadikan sebagai kebutuhan dan life style atau gaya hidup seorang muslim. Oleh karena itu perlu dilakukan edukasi dan sosialisasi kepada masyarakat tentang urgensi sikap filantropi dalam meraih kebahagiaan hidup dunia akhirat," ucap Khodijah Ishak kepada wartawan Bengkalisinfo.com

 

Sarana filantropi dalam islam, sambung Khodijah Ishak lagi seperti kesadaran berzakat, berinfaq, bershadaqah, dan berwakaf memerlukan penguatan dan penataan dalam pengelolaannya agar mencapai hasil yang diharapkan, yaitu berdampak terhadap kehidupan masyarakat luas.

 

Sementara itu, ketua STIE Ar - Rahman Batam Dr. Susi Marni, SE.MM dalam kesempatan yang sama juga menyampaikan bahwa zakat dan infaq termasuk instrumen filantropi Islam yang aktif berperan dalam menuntaskan kemiskinan masyarakat.

 

"Peran filantropi diharapkan bisa memaksimalkan potensi zakat dan mengintegrasikannya kedalam ekonomi rill, sehingga banyak dari kalangan akademis dapat mengkaji filantropi islam secara menyeluruh," tutup Susi Marni.

 

Ikut berpartisipasi dalam acara seminar tersebut antara lain, seluruh civitas akademika STIE Syariah Bengkalis dan STIE Ar - Rahman Kota Batam.**

 


Editor : SUPIAN

  Print Berita

0 Komentar

Tulis Komentar

Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Hargai pembaca lain dengan berbahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu. Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.

Komentar Facebook