Pembuatan Website dan Penerapan Marketing Melalui Media Sosial

Dosen Polbeng Bantu Digitalisasi UMKM Pada KUBE Tampi Mas

dibaca: 425 kali
Oleh: Editor Hukrim | Selasa, 28 November 2023 - 21:28:49 WIB

Dosen Polbeng Bantu Digitalisasi UMKM Pada KUBE Tampi Mas

BENGKALIS - Salah satu upaya dalam meningkatkan perekonomian masyarakat khususnya pada masa Pendemi Covid-19 beberapa tahun lalu, sebuah Langkah inisiatif telah diambil oleh masyarakat di Desa Penampi Kecamatan Bengkalis dengan membentuk Kelompok Usaha Bersama (KUBE) Tampi Mas, yang resmi didirikan pada tahun 2020.

 

Salah satu unit usaha KUBE Tampi Mas yaitu Kopi Tageh Due yang berfokus pada Jasa Roasting (sangrai) dan Grinding (Penggilingan) Kopi, serta penjualan produk dalam bentuk biji kopi yang belum di roasting dan sudah di roasting serta dalam bentuk Bubuk Kopi.

 

Dalam perjalannya, KUBE Tampi Mas menghadapi beberapa tantangan, terutama terkait dengan pemasaran dan branding, dimana untuk branding dan pemasarannya dilakukan secara offline dan dari mulut ke mulut serta melalui media sosial pribadi pemilik KUBE Tampi Mas yaitu Pak Suhaimi.

 

Selain itu, hambatan lainnya yaitu persaingan produk dari perusahaan skala nasional yang sudah memiliki nama dikenal luas oleh Masyarakat melalui model marketingnya yang sudah masif melalui berbagai media digital seperti Televisi, Media Sosial, Website dan kanal digital lainnya.

 

Dalam Era Digitalisasi saat ini, sudah seharusnya para pelaku UMKM untuk bisa mengoptimalkan pemanfaatan teknologi digital untuk branding dan marketing UMKM, yang Sudah banyak terbukti mampu mendorong dalam pemasaran produk UMKM, apalagi jika usaha tersebut berada di daerah terpencil seperti KUBE Tampi Mas yang berpusat pulau Bengkalis.

 

Melihat tantangan yang dihadapi KUBE Tampi Mas dan peluang era digitalisasi saat ini, Tim Dosen dari Jurusan Teknik Informatika Politeknik Negeri Bengkalis (Polbeng) yang di ketuai oleh Lipantri Mashur Gultom dan Anggota Desi Amirullah serta beberapa Mahasiswa Polbeng melaksanakan pengabdian di KUBE Tampi Mas khususnya pada Unit Usaha Kopi Tageh Due untuk membantu meningkatkan brand awareness dan marketing pada KUBE Tampi Mas melalui program Pengabdian Masyarakat yang dibiayai melalui dana PNBP Polbeng.

 

Adapun kegiatan yang dilaksanakan yaitu penerapan teknologi digital marketing dan branding guna meningkatkan kemudahan akses informasi dan transaksi antar konsumen dengan usaha KUBE Tampi Mas. Adapun bentuk kegiatan Pengabdian yang sudah dilaksanakan yaitu berupa pembuatan Konten Video, Gambar, serta copywriting yang digunakan untuk pemasaran melalui media sosial ( kopitagehdue ) dan branding melalui website ( www.kopitagehdue.com ) serta penerapan Whatsapp Business untuk kemudahan informasi dan transaksi antar konsumen dengan UMKM tersebut.

 

Menanggapi pelaksanaan kegiatan ini, Ketua Kelompok KUBE Tampi Mas, Suhaimi mengatakan bahwa KUBE Tampi Mas merasa terbantu dengan kegiatan ini dan dari tidak tahu menggunakannya menjadi tahu, "Kami berterima kasih kepada Tim Pengabdian Masyarakat dari Politeknik Negeri Bengkalis yang di Ketuai oleh Pak Lipantri, karena telah memberikan bantuan untuk meningkatkan promosi Usaha kami melalui website dan media sosial serta kemudahan komunikasi melalui whatsapp bisnis.

 

"Insyaallah produk kami akan lebih dikenal oleh masyarakat luas, dan kami berharap benar-benar dapat meningkatkan penjualan kami dengan memanfaatkan teknologi digital ini.", tutupnya.

 

Ketua Tim Pengabdian, Lipantri Mashur Gultom saat diwawancarai melalui Seluler, berharap agar Program ini dapat menjadi pondasi awal dalam perluasan akses pasar jasa dan produk KUBE Tampi Mas.

 

“Dengan adanya kehadiran informasi Jasa dan Produk secara online melalui beberapa media sosial dan website serta Whatsapp Bisnis, diharapkan dapat menjadi pendorong dalam perluasan pasar KUBE Tampi Mas, selain itu diharapkan dapat meningkatkan kepercayaan calon konsumen dan konsumen pada jasa dan produk yang disediakan di KUBE Tampi Mas khususnya pada unit usaha Kopi Tageh Due”, tegas Lipantri.

 


Editor : SUPIAN

  Print Berita

0 Komentar

Tulis Komentar

Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Hargai pembaca lain dengan berbahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu. Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.

Komentar Facebook