Kunjungi Desa Wisata Bukit Batu 58 Mahasiswa dan Dosen Polbeng di terima oleh Kepala Desa Bukit Batu

dibaca: 455 kali
Oleh: Admin Wisata | Kamis, 23 November 2023 - 09:37:26 WIB

Kunjungi Desa Wisata Bukit Batu 58 Mahasiswa dan Dosen Polbeng di terima oleh Kepala Desa Bukit Batu

BUKITBATU - Prodi  D4 Bisnis Digital 1A, dan Prodi Administrsi Bisnis Internasional 1B dari Mahasiswa Politeknik Negeri Bengkalis (Polbeng) melakukan kunjungan dan Pengabdian bersama Dosen ke Desa Bukit Batu  di Kecamatan  Bukit Batu Kabupaten Bengkalis, Rabu (22/11/2023).

 

Khairul Saleh, MH Dosen Pembimbing yang menyampaikan ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Kepala Desa Bukit Batu Mahendra, S.lKom, MM,Ketua Relawan Desa Wisata Bukit Batu  Juwandi SH, MH beserta anggota, dan Direktur Bumdes Bukit Batu Sumiati, M.I.Kom. Perangkat Desa lainnya yang sudi dan bersedia menerima kunjungan kami dan mahasiswa dengan sambutan sangat baik. 

 

Kegiatan ini di samping mahasiswa yang dua prodi dari Jurusan yang sama pada hari ini kami bawa selalu kita lakukan setiap semester yang ada mata kuliah Pendidikan Pancasila, Ilmu Hukum, dan Keuangan Daerah dan Negara, serta mata kuliah Kewarganegaraan, dan sekarang ini di Desa Bukit Batu  dengan inti tema ingin melihat secara langsung penerapan sosial ekonomi masyarakat yang bersendikan nilai-nilai Pancasila serta bagaimana Desa menjadi ujung tombak  pembangunan suatu wilayah, dan menjadi Desa yang unggul dalam pembangunan SDM dan pemanfaatan SDA yang ada sebagai kunci pembangunan yang berhasil, ucap atah panggilan pak dosen yang juga mantan Komisioner KPU Bengkalis ini. 

 

Dalam kegitan ini dengan tema Menanamkan Kepedulian Sosial dalam Lingkungan Masyarakat, Budaya dan Sejarah sesuai  Dengan Nilai Nilai luhur Pancasila. Menurut beliau, lagi tema tersebut sangat sesuai dengan desa yang kita lakukan pengabdian ini karena desa Bukit Batu ini terkenal dengan sejarahnya, dan bagaimana penerapan nilai nilai Pancasila sejak zaman dahulu sebenarnya sudah di lakukan oleh masyarakat  tersebut bagaimaan mereka mempertahan kan budaya budaya yang ada di desa Bukit Batu adat istiadat yang masih di junjung tinggi.

 

Kemudian, mahsiswa juga mencoba melihat langsung bagaimana peran Bumdes yang selalu mendampingi UMKM yang ada serta bagaimanan relawan wisata nya yang selalu siap mempromosikan desa tersebut, dalam kegiatan ini mahasiswa saling berbagi sedikit rezeki ke rumah tangga yang kurang mampu dan berdialog baik dengan pemerintah Desa termasuk rumah tangga yang dikunjungi mereka juga melakukan kunjungan ke UMKM Pengerajin Tenun dan Kerupuk juga melihat wisata yang ada. 

 

"Kemudian mahasiswa juga diharapkan melihat potensi yang mungkin ada peluang Bisnis yang bisa di kembangkan di Desa tersebut. Ini juga salah satu tujuan kunjungan kita" ucap atah.

 

Kunjungan dan pengabdian ini Kepala Desa Bukit Batu  Mahendra yang langsung menyambut baik dan membuka secara resmi kegiatan tersebut dengan senang menerima kunjungan Mahasiswa."Kita dari pemerintah desa mengucapkan terima kasih kepada pak dosen dan mahasiswa polteknik yang  sudi dan mau berkunjung ke desa kami dalam rangka ingin melihat dan mengetahui bagaimana perkembangan desa yang ada di Bengkalis ini dan salah satunya Desa Bukit Batu yang berada di Kecamatan Bukit Batu ini dan terletak di pesisir Sumatera," ucapnya. 

 

Beliau juga menjelas majunya suatu desa juga tidak terlepas bagaimana peran pemerntah Kabupaten yang selalu memperhati kepentingan masyarakat dengan menggelontor kan dana dana untuk pembangunan termasuk program Bermasa Bupati saat ini yang betul betul di manfaatkan untuk masyarakat..ucapnya kepala desa yang muda ini.

 

Kemudian beliau berharap dengan diskusi, dialog yang di lakukan mudah-mudahan apa yang menjadi ide- ide dari mahasiswa maupun dosen pembimbing yang diberikan bisa ikut membantu dan menjadi masukan kami dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat kami. Karena kegiatan ini sangat positif, ucapnya

 

Kemudian Direktur Bumdes Suamiati.M.Kom mangatakan kami sebagai bumdes mendampingi UMKM yang ada misalnya pembuatan keruoum bahan baku bumdes sediakan.kelompok tenun benang bumdes yang sediakan dan langsung juga pemasarannya bumdes yang bantu ucap direktur ramah ini.kemudian belaiu berharap jika kedepannya (Polbeng) ingin bermitra dan berkolaborasi dalam program-program apa saja,  dengan  BUMDes dan UMKM yang ada, kami siap," katanya. "

 

Pada kesemptan tersebut Ketua Relawan Desa Wisata Bukit Batu Juwandi SH, MH juga menjelaskan dan mempromosikan bagaimana desa Bukit Batu ini sebagi Desa Wisata dan berbudaya Sejarah bisa mencapai bebrapa penghargan di tingkat Nasional dan sudah banyak penghargaan yang dapat.kemudaian kita juga sudah mempresentase kan Desa Wisata ini di Jepang pada bulan September lalu.InsyAllah kita juga akan di undang ke Inggris pada tahun depan ucap anak muda kelahiran Bukit Batu ini.

 

Dalam kesempatan itu juga salah satu tokoh Masyarakat Bukit Batu Sarwani  mencertakan asal muasal desa Bukit Batu dan Sejarah legenda ikan terubuk yang terkenal dan sudah ada aturan yang mengatur tetntang konsevasi terubuk ucap ketua dusun yang juga tim penulis buku Jejak Waris Buluh Bohal Negeri Bukit 

 

Pada penghujung acara dua orang mahasiswa mencoba menyampaikan pesan dan kesan mereka dalam kegiatan tersebut.yaitu Indah Lestari Valentina dari ABI 1B dan Muhammad Al Hafiz dari Bisnis Digital kedua mahasiswa ini mengucapakan terima kasih kepada Kepala Desa dan perangakat Desa serta Bumdes dan Relawan Desa Wisata Bukit Batu

Kami merasa terharu ketika kami mengunjugi rumah rumaj yang kurang mampu dan berdiskusi dengan warga tersebut indah nya berbagi sesama dengan nilai nilai luhur pancasila menjadi dasar kepedulian sesama ungkap mereka.

 

Turut hadir dalam kegiatan tersebut selain Kepala Desa hadir  Sekdes, Ketua BPD dan Anggota, Kepala Dusun, Tokoh Pemuda dan lain-lain dari Perangkat Desa Bukit Batu.**

  Print Berita

0 Komentar

Tulis Komentar

Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Hargai pembaca lain dengan berbahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu. Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.

Komentar Facebook