Tingkatkan Kapasitas Produksi Kelompok Usaha Magot Desa Selat Baru, Dosen Polbeng Bantu Peralatan

dibaca: 492 kali
Oleh: Admin Pendidikan | Jumat, 10 November 2023 - 18:16:25 WIB

Tingkatkan Kapasitas Produksi Kelompok Usaha Magot Desa Selat Baru, Dosen Polbeng Bantu Peralatan

Doaen polbeng saat penyerahan alat kepada kelompok magot Desa Swlat Baru

BENGKALIS – Dosen Jurusan Teknik Mesin Politeknik Negeri Bengkalis, menggelar kegiatan pengabdian kepada masyarakat dalam bentuk pembuatan alat dan pemeliharaan alat. Jum’at (10/11/2023).

 

Adapun tujuan yang dilaksanakan untuk memberikan kemudahan dan peningkatan produksi terkait Kelompok Usaha Maggot Beringin Desa Selat Baru serta perawatan alat pengolah makanan untuk Maggot BSF di Desa Selat Baru Kecamatan Bengkalis.

 

Berbagai upaya terus dilakukan agar Maggot BSF mampu dipasarkan secara luas, karena banyaknya permintaan dari konsumen yang semakin meningkat. Masyarakat sasaran yang dibidik merupakan Pelaku usaha yang tergabung dalam UMKM Maggot, Desa Selat Baru. Kegiatan tersebut digelar pada Senin, (13/10/ 2023) Bertempat di Rumah usaha Beringin Desa Selat Baru dan dihadiri oleh Ketua Kelompok Usaha beserta Anggotanya.

 

Kelompok Usaha Maggot Beringin ini sudah berdiri sejak 5 tahun yang lalu, Aring selaku Ketua Kelompok Usaha Beliau mengatakan bahwa “Maggot ini merupakan pasar yang sangat ramai minat pembeli. Banyak yang membutuhkan mulai dari pengusaha ternak hingga pehobi unggas membeli Maggot untuk pakan hewan ternaknya” terangnya.

 

Adapun Tim Pengabdian Masyarakat yang terdiri dari Ketua Reinaldi Teguh Setyawan, M.T dan Imran, M.T dalam kegiatan pengabdian masyarakat ini juga melibatkan beberapa pihak, yakni dua mahasiswa yang juga ikut terlibat membantu jalannya kegiatan, yaitu Rizki Alfiendri dan Rizki Maryono.

 

Pengabdian Masyarakat ini menargetkan supaya produksi pakan Maggot lebih cepat dan efisien dibandingkan dengan pembuatan makan Maggot manual yang lama dan tidak halus. Dengan alat yang dibuat tersebut mampu menghasilkan dalam 1 jam proses penghalusan bahan makanan organik sebesar 5kg.

 

Ketua beserta Anggota Kelompok Usaha Beringin sangat mengapresiasi kegiatan pengabdian masyarakat ini karena dapat membantu produksi pakan maggot serta memotivasi pengembangan, meningkatkan kesadaran mereka dan pentingnya peningkatan nilai tambah produk sehingga mampu bersaing dengan pelaku usaha lain.**

  Print Berita

0 Komentar

Tulis Komentar

Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Hargai pembaca lain dengan berbahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu. Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.

Komentar Facebook