Bapenda Bengkalis Manfaatkan E-Commerce Untuk Mempermudah Pembayaran PBB-P2

dibaca: 344 kali
Oleh: redaksi Pemerintahan Daerah | Kamis, 07 Mei 2020 - 00:18:47 WIB

Bapenda Bengkalis Manfaatkan E-Commerce Untuk Mempermudah Pembayaran PBB-P2

BENGKALIS - Pajak Bumi dan Bangunan Perkotaan Perdesaan (PBB-P2) merupakan pungutan biaya pajak atas tanah dan bangunan atas adanya keuntungan berdasarkan kedudukan sosial ekonomi bagi seseorang atau badan yang memiliki suatu hak atasnya atau memperoleh manfaat dari padanya.

 

Objek yang termasuk PBB mulai dari tempat tinggal, tempat usaha, gedung bertingkat, mal atau tempat perbelanjaan lainnya, kebun, tanah, tambang, sawah, pagar rumah atau kantor yang sangat mewah, kolam renang dan masih banyak lainnya. Sementara itu ada beberapa objek tanah dan bangunan yang dibebaskan oleh pajak, yaitu untuk kepentingan umum. Misalnya saja, bangunan atau sarana pendidikan, bagunan ibadah, kesehatan, lahan pemakaman dan sebagainya.

 

Setiap wajib pajak akan melakukan kewajibannya membayar PBB ini setiap tahunnya. Nah, jika biasanya wajib pajak membayar PBB dengan cara konvensional seperti mengantre di kantor pajak, kantor pos, serta bank-bank pilihan, kini wajib pajak bisa lebih lega karena bisa membayar PBB-P2 melalui  Tokopedia, Traveloka, Indomaret, Bukalapak, Linkaja dan Gopay.

 

Ini merupakan terobosan baru Pemerintah Kabupaten Bengkalis melalui Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kabupaten Bengkalis dengan tujuan agar masyarakat tidak perlu lagi capek-capek mengantre lama. Bukan hanya itu saja, dengan cara pembayaran yang praktis ini juga dapat menghemat waktu dan tenaga para wajib pajak. Di samping itu masyarakat juga sudah bisa mendapatkan pelayanan PBB-P2 di UPT di 8 Kecamatan.

 

Dengan semakin mudahnya masyarakat mendapatkan akses pembayaran, diharapkan realisasi penerimaan pajak tidak hanya meningkat dari sisi jumlah uang yang diterima saja, tetapi juga diikuti dengan tingkat partisipasi wajib pajak yang melakukan pembayaran. 

 

“Peningkatan penerimaan pajak daerah tidak lepas dari peran serta para stakeholder, kemudahan dalam pelayanan publik, serta kesadaran para pengusaha dan masyarakat dalam membayar pajak daerah,” ujar Kepala Bapenda Kabupaten Bengkalis, Supardi, Rabu (29/4/2020).

 

Ditambahkan Plt. Kepala UPT PBB-P2 Bapenda Kabupaten Bengkalis, Oki Farhadinata,   kerja sama ini juga bertujuan agar tak ada lagi masyarakat yang terlambat membayar PBB-P2 atau bahkan lupa. Dengan Tokopedia, Traveloka, Indomaret, Bukalapak, Linkaja dan Gopay, masyarakat tak hanya ingat belanja saja, tapi juga ingat bayar PBB.

 

Tambahnya lagi, melalui e-commerce tersebut masyarakat tak hanya bayar PBB saja, tapi wajib pajak juga bisa mengecek nominal tagihan dengan mudah. Selain itu, masyarakat juga dimanjakan lagi dengan banyaknya pilihan metode pembayaran mulai Bank Riaukepri dan BNI.

 

Lalu bagaimana tahapan yang harus dilalui wajib pajak saat bayar PBB melalui tokopedia :

1.Kunjungin laman tokopedia.com

2.Arahkan ke Top-Up & Tagihan

3.Klik titik tiga atau Lainnya

4.Klik Pajak PBB

5.Pilih wilayah pajak PBB

6.Masukan Nomor Objek Pajak yang berjumlah 18 digit

7.Pilih tahun pembayaran

8.Klik “Bayar”

9.Akan muncul Detail Pembayaran Pajak

10.Pilih metode pembayaran

11.Lakukan transaksi hingga selesai

12.Anda akan mendapatkan Bukti Pembayaran melalui email yang sudah didaftarkan pada tokopedia

 

Berikut terdapat-tahapan yang perlu wajib pajak perhatikan bila ingin membayar pajak PBB melalui traveloka, antara lain:

1.Bagi yang belum memiliki aplikasi traveloka, sebaiknya unduh terlebih dahulu

2.Kemudian, buka aplikasi traveloka

3.Pastikan aplikasi traveloka dengan versi 3.10 ke atas, jika tidak segera lakukan update

4.Pilih Bills & Top-up pada halaman utama

5.Klik ikon PBB

6.Tentukan wilayah bangunan Anda

7.Masukkan Nomor Objek Pajak (NOP)

8.Pilih tahun pembayaran

9.Akan muncul jumlah tagihan

10.Lanjutkan transaksi pembayaran sesuai dengan metode yang dipilih

11.Bukti pembayaran akan dikirimkan langsug ke email yang terdaftar

 

Berikut cara mudah membyar PBB-P2 di Indomaret :

1.Langsug datang ke kasir Indomaret, kemudian beritahukan nomor objek besar tagihan

2.Selanjutnya, kasir menginput nomor tersebut dan akan memberitahukan kepada Anda nominal tagihan PBB yang harus dibayarkan

3.Anda bisa memilih pembayaran dengan cara tunai atau debit

4.Setelah pembayaran selesai, simpan struk dengan baik.**(adv)

  Print Berita

0 Komentar

Tulis Komentar

Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Hargai pembaca lain dengan berbahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu. Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.

Komentar Facebook