Dipercaya Sebagai Locus Desa Model, DPPPA Taja Bimbingan Teknis Untuk Para Relawan Desa

dibaca: 132 kali
Oleh: Editor Pemerintahan Daerah | Kamis, 14 Juli 2022 - 19:13:10 WIB

Dipercaya Sebagai Locus Desa Model, DPPPA Taja Bimbingan Teknis Untuk Para Relawan Desa

Foto : Kadis DPPPA Raja Erlangga didampingi Camat Bengkalis Ade Suwirman dan Kabid Perempuan dan Anak Yusnani

BENGKALISINFO.COM - Dipercaya sebagai kota ramah perempuan dan peduli anak, Pemerintah Kabupaten Bengkalis melalui dinas pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak Kabupaten Bengkalis menggelar acara bimbingan teknis (bimtek) untuk para relawan sapa model. Selasa (12/07), bertempat di aula kantor DPPPA lantai 2 Jalan Pertanian Bengkalis.

 

Kegiatan tersebut, dimulai sekitar pukul.08.30 WIB dan diikuti sebanyak 20 orang peserta dari 2 desa, kedua desa yang terpilih sebagai peserta yaitu, Desa Bantai Sari Kecamatan Bantan dan Desa Damai Kecamatan Bengkalis.

 

Kepala Bidang Perempuan dan Anak Kabupaten Bengkalis Yusnani dalam sambutannya mengatakan bahwa, kegiatan bimbingan teknis tersebut karena secara nasional Kabupaten Bengkalis dipercaya sebagai locus desa model desa ramah perempuan dan peduli anak Kabupaten Bengkalis.

 

"Diriau hanya 2 Kabupaten yang dipercaya sebagai locus desa model ramah perempuan dan peduli anak yaitu Kabupaten Bengkalis dan Kabupaten Indragiri Hulu," kata Yusnani saat ditanya wartawan Bengkalisinfo.com ditempat acara

 

Selain itu sambung Yusnani, dasar pemilihan Bengkalis dan Indragiri Hulu sebagai locus desa model kriterianya karena Kabupaten Bengkalis dan Inhu Bupatinya sama - sama dipegang oleh seorang perempuan.

 

"Penilaian ini sebenarnya untuk mengukur sejauh mana kepemimpinan perempuan itu sendiri baik dari segi pemberdayaan kaum perempuan dan perlindungan terhadap anak. Ini merupakan dasar awal sehingga Bengkalis terpilih secara nasional," ujar Yusnani

 

Lebih lanjut,Yusnani menambahkan bahwa, realisasinya Kabupaten Bengkalis melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak mengajukan 2 desa, diutamakan kepala desanya perempuan salah satunya adalah Desa Bantan Timur. Kemudian untuk Desa yang satu lagi berdasarkan hasil rakor beberapa OPD maka dipilihlah Desa Damai sebagai locus Desa model.

 

"Dasar terpilih nya Desa Damai sebagai locus Desa model hal itu karena kepala desanya berkomitmen menciptakan adanya kesetaraan gender dan ini dibuktikan sekitar kurang lebih 60 persen perangkat desanya diisi oleh kaum perempuan," ungkap Yusnani

 

Sementara itu, Kepala Dinas DPPA Kabupaten Bengkalis Raja Erlangga dalam kesempatan itu menyampaikan apresiasinya kepada Bupati Bengkalis Kasmarni karena menjadikan Kabupaten Bengkalis terpilih secara nasional sebagai locus desa model dan desa ramah perempuan dan perlindungan anak tahun 2022.

 

Erlangga berharap bahwa, prestasi ini dapat kita pertahankan dan juga Bengkalis sebagai kota layak anak dapat kita tingkatkan lagi. Untuk para relawan yang mengikuti bimtek kali ini kami ucapkan selamat karena tidak semua desa di Kabupaten Bengkalis bisa mengikuti kegiatan bimtek para relawan Desa ini karena melalui proses penilaian yang dilakukan secara nasional.***

 

Penulis : SUPIAN

  Print Berita

0 Komentar

Tulis Komentar

Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Hargai pembaca lain dengan berbahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu. Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.

Komentar Facebook